Sabtu, 10 September 2011

Email

Email

Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Lima langkah dalam proses pengiriman e-mail
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik


A. Berikut adalah cara membuat email dengan menggunakan Yahoo Mail :
1. Ketikkan pada browser (Alamat) à mail.yahoo.com atau mail.yahoo.co.id
2. Klik pada link Sign Up
3. Isikan Data yang diperlukan untuk keperluan identitas. (Yahoo_Id atau Email harus benar – benar beda, jika salah yahoo mail akan langsung memberikan warning).
4. Setelah semua data terisi dan benar, klik link Create My Account
5. Jika semua data yang terisi valid (benar) maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
6. Klik button Continue, untuk masuk kedalam page Email. Tampilannya akan seperti berikut : (Mode Mail Modern)
Anda dapat mengubah menjadi mode mail classic dengan cara mengklik link Mail Classic, seperti pada gambar diatas.
http://beritadalamkancoet.wordpress.com/2008/07/19/cara-membuat-email-untuk-pemula/

B.JENIS-JENIS E-MAIL
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat

b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.

c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Kekurangannya :
• Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tujuan.
http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/2008/10/jenis-jenis-e-mail.html
C. Cara mengirim,membalas, dan mengecek

panduan cara mengirim email ini merupakan lanjutan dari panduan cara membuat email yang saya buat beberapa saat yang lalu. Mengirim email adalah suatu hal yang mudah, tapi tidak semua orang mampu melakukannya tanpa diberi panduan, bagi anda yang belum mampu mengirim email, tidak salah jika anda membaca panduan ini.
1. Langkah pertama adalah buka alamat www.mail.yahoo.com

cara mengirim email yahoo
2. setelah kamu menuju alamat situs di atas, kamu akan menemukan jendela login seperti di bawah ini, masukkan alamat email kamu dan passoword kamu, kemudian tekan Sign In
cara mengirim email yahoo
3. setelah kamu klik sign in, kamu akan dibawa menuju akun email kamu di yahoo, Untuk langkah mengirim email adalah, Klik di Menu Compose untuk menulis surat terlebih dahulu,
cara mengirim email yahoo
4. Setelah kamu klik Compose, nanti kamu akan dibawa menuju jendal tempat menulis surat,
kolom TO : untuk mengisi Alamat email yang ingin kamu kirimi emai,
Kolom CC : diabaikan saja
kolom Subject : untuk tema surat
dan kolom bawah adalah tempat menulis isi suratnya atau isi emailnya
jika telah selesai menulis Surat  Tekan Menu Send
cara mengirim email yahoo
5. Jika kamu menemui halaman seperti ini, berati email kamu telah terkirim
di bawahnya terdapat Add To Contact, itu jika kamu ingin menyimpan alamat email yang kamu masukkan tadi ke dalam contatc kamu, jika kamu ingin menyimpannya tinggal Klik saja. pada panduan ini kita simpan saja ya..
cara mengirim email yahoo
6. Setelah kamu klik Add To Contact, kamu akan dibawah ke halaman seperti di bawah ini, jika kamu tau nama awal dan nama belakangnya silahkan masukkan pada kolom yang tersedia seperti pada gambar di bawah ini, jika tidak kenal kamu boleh langsung tekan menu Add to Address Book yang ada di bawahnya
cara mengirim email yahoo
7. Setelah kamu klik Add to Address Book, kamu akan di bawa ke menu seperti di bawah ini, menandakan kamu telah menyimpan alamat email yang tadi ke address book
cara mengirim email yahoo

http://www.ridwanaz.com/teknologi/internet/petunjuk-cara-mengirim-email-di-yahoo/

Untuk membalas email yang Anda terima di Yahoo! Mail:
  1. Klik email untuk membukanya.
  2. Klik tombol "Balas" yang terletak di bagian atas. Jika ingin membalas ke setiap orang yang menerima email tersebut (jika Anda adalah bagian dari grup yang menerima email), klik tanda panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih "Balas ke Semua". Tindakan ini akan mengirimkan balasan Anda kepada semua penerima email asli, serta pengirimnya.
  3. Jendela Tulis Pesan akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima, Anda dapat mengetik alamat email lainnya.
  4. Ketik balasan Anda. Jika memilih untuk menyertakan email asli pengirim dalam balasan, Anda dapat mengetik di area di atasnya, di bawahnya, atau bahkan dalam email pengirim tersebut-- untuk menjawab bagian per bagian yang berbeda pada email. Klik kursor di manapun yang diinginkan untuk mulai mengetik.
  5. Tips: Untuk membuat balasan yang mudah dibaca, tekan Enter beberapa kali untuk menambah spasi.
  6. Klik "Kirim" untuk mengirimkan balasan Anda.
  7. Catatan: Jika Anda sedang menulis email dan ingin berhenti, klik tombol "Simpan sebagai Draft" di sebelah kanan "Kirim". Tindakan ini akan menyimpan email yang belum selesai dalam folder Draft. Anda dapat selalu kembali bila ingin menyelesaikannya. Catatan: Sebelum meninggalkan komputer, sebaiknya klik link "Sign Out" di sebelah "Halo, nama Anda". Dengan demikian, tidak ada yang dapat menggunakan account Anda sewaktu Anda pergi.
http://help.yahoo.com/l/id/yahoo/mail/ymail/basics/basics-32.html

cara membaca pesan


Email disimpan dalam map. Untuk membacanya, Anda harus membuka map tersebut kemudian membuka pesannya.
Apabila Anda pertama kali membuka Yahoo! Mail, halaman Selamat Datang akan terbuka di jendela utama. Jika Anda mempunyai pesan baru, kata "Kotak Masuk" diikuti dengan angka jumlah pesan baru, muncul di bawah tulisan Selamat Datang. Klik ini. Atau Anda dapat mengklik "Kotak Masuk" di bagian atas daftar map Anda di bar navigasi sebelah kiri. Atau Anda dapat mengklik map lain jika Anda mencari pesan di luar Kotak Masuk Anda.
Daftar email di dalam Kotak Masuk Anda (atau map yang Anda klik) akan terbuka di jendela utama. Klik sekali di mana saja pada baris info (pengirim, Subjek, Tanggal/waktu) dari pesan yang ingin Anda baca, dan pesan itu pun muncul dalam "jendela baca" di bawah. Ini adalah jendela pratinjau. Anda melihatnya? Anda dapat juga mengklik dua kali baris info pesan dan pesan akan terbuka di seluruh jendela utama, di bawah tab baru. Dengan cara ini, Anda memiliki lebih banyak ruang untuk membaca pesan, yang juga mencakup sub-jendela yang mencantumkan isi map. Pilih saja cara yang Anda sukai!
Setelah Anda membaca pesan, baris info pesan (pengirim, Subjek, Tanggal/waktu) tidak lagi ditampilkan dengan huruf tebal di daftar pesan dalam map. Hanya baris info pesan yang belum dibaca (baru!) yang ditampilkan dengan huruf tebal.
http://help.yahoo.com/l/id/yahoo/mail/yahoomail/basics/basics-22.html 
 
D.Istilah-istilah di Email
ISTILAH ISTILAH DALAM EMAIL Address Alamat email yang anda miliki Address book atau contacts Istilah untuk daftar nama dan alamat email pada sebuah program email client Attachment istilah untuk melampirkan dokumen-dokumen tertentu yang akan dibawa pada saat email itu dikirim BCC system email yang memungkinkan penggunanya melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat Bounce email Email yang tidak terkirim ke penerimanya dan masuk ke mailbox anda cc melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat. Beda dengan bcc, cc in tidak menyembunyikan alamat penerima lainnya. Delivery Receipt Pengirim menerima info bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail clientnya Distribution list atau mailing list atau groups Fasilitas ajang pertukaran informasi antar sesama Domain Penamaan dalam dunia internet Draft Tulisan yang belum dikirim Exchange server Untuk membuat email server Filters Penyaring email yang masuk. Seperti email porno, penipuan, promosi Folder Fartisi tempat penyimpanan email yang diterima Forward Melakukan penerusan sebuah email ke penerima lain Header Kepala email, berisi informasi penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll. HTML Email Email yang berisikan gambar dan teks IMAP Metode pengaturan email yang anda terima Inbox Kotak surat Junk mail Email sampah, email yang dianggap tidak perlu bahkan menggangu sipenerima Mailbox Untuk menyatakan sebuah account email dengan kafasitas penampungan tertentu Mail Client Program penarik dan pengirim email Mail Server Perangkat server atau pc untuk melayani dan proses pengiriman dan penerimaan email Mail Transper Agent (MTA) Sistem yang bertugas meneruskan dan menghantarkan pesan email Outbox Tempat penampungan sementara email yang mau dikirim Outlook Nama program mail client yang ada pada operating system windows Plain-text mail Email yang hanya teks saja POP3 Protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email preview Pane Halaman yang digunakan untuk membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru Sent items Nama dari sebuah folder pada program mail client Signature Identitas pengirim yang harus selalu dituliskan di akhir pesan email SMTP Sebagai protocol yang mengatur pengiriman pesan email Vacation messege Untuk menginformasikan kepada pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email Web based Email Halaman web khusus untuk melayani anda untuk mengirim dan menerima email. WBE ini Milik yahoo, Gmail dll
 
E.Etika Penulisan Email
 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis email:

1.  Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga, kalo, dst. Kecuali jika Anda benar-benar yakin yang menerima email Anda tidak bermasalah dengan istilah tersebut.

2.  Gunakan salam, ada beberapa cara:
a. Assalamualaikum,  (jika kita yakin yang menerimanya adalah muslim)
b. Yth Pak Fulan,   (ini yang paling formal)
c. Pak Fulan ysh,   (formal juga)
c. dh,                  (cara paling singkat, dh=dengan hormat)
d. Pak Fulan,       

3. Jangan pelit menggunakan kata-kata: "tolong", "terimakasih".
4. Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham.
5. Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah) dan KATA DENGAN HURUF KAPITAL (berteriak).
6. Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek.

http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=3559.0
F.Mailing List
Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri.
http://id.wikipedia.org/wiki/Milis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar